Unborn 8.0 Brown Pointer

Rabu, 10 November 2010

Menjadi Remaja Aktif dan Sehat

Kiat-kiatnya nggak susah kok. Namun saking mudahnya, malah jadi terlewat oleh kita.
PERHATIAN: Tips ini sama sekali nggak bohong dan sudah terbukti hasilnya untuk jangka panjang diri kita, lho!
Jadi, kalian tinggal mengikuti tahap per tahapnya di bawah ini:

  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Dulu saya lebih suka minuman teh botolan atau soft drink daripada ini. Hasilnya, bukannya memuaskan dahaga malah ngebuat makin haus!
  • Olahraga rutin 3 kali seminggu. Tidak perlu mahal-mahal harus ke fitness center . Bergerak secara fisik minimal selama 30 menit, seperti berjalan kaki dari sekolah/kampusmu ke halte bis terdekat sudah termasuk olahraga cardio yang menyehatkan.
  • Makan teratur. Jangan diet. Yang baik dan tepat adalah makan teratur–dalam porsi sedikit–dalam frekuensi sering. Makan utama 3 kali sehari adalah harus, namun sebagai selingan santaplah crackers, buah, maupun susu dalam porsi yang tidak berlebihan.
  • Minum susu dan Calcium. Minum susu rutin bikin gendut? Salah besar. Yang bikin gendut bukan susunya, tapi kemalasan kamu untuk berolahraga. Susu yang mengandung calcium tinggi atau tablet suplemen calcium sangat dibutuhkan untuk ‘tabungan’ calcium tubuh demi menjaga tulang yang kuat dan sehat. Terutama buat para cewek, ketika kita hamil, maka tubuh akan secara alami mengambil cadangan calcium di tulang. Jadi, kalau tidak kita isi-ulang, kebayang kan jadinya?
  • Smile! Ya teman-temanku, dengan senyum ringan dan tulus yang kita tebar pada orang lain, akan membangkitkan suasana enak di hati. Kalau kamu terbiasa melakukannya, hati dan jiwa kamu akan senantiasa bahagia. Men sana in corpor e sano, right?
  • Bangun pagi. Membiasakan diri bangun jam 5-6 di pagi hari tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga melatih kedisiplinan kita.
  • Rest & relax. Tidur dan istirahat secukupnya. Tidak kurang atau lebih. Dalam sehari, beri kesempatan tubuh dan otak kita untuk beristirahat selama 7-8 jam. Kondisi ini juga berguna untuk memaksimalkan kerja pencernaan dalam mengolah makanan dan minuman yang masuk ke tubuh.
  • Carilah selalu jati dirimu. Kegagalan, kebahagiaan, kesedihan, mood yang tidak jelas, kejutan-kejutan tak disangka akan selalu mewarnai hari-harimu, daaaan membentuk dirimu saat ini. Tanamkanlah prinsip bahwa kamu di esok hari harus lebih baik daripada kamu di hari ini. Sehingga kamu nggak pernah berhenti mencari jati dirimu yang sebenarnya.
  • Tetapkan tujuan yang akan dicapai. Buat tujuan realistis yang akan kamu capai dan nikmati bagaimana perjalanan kamu sampai ke sana . Hidup kamu akan jadi lebih berharga karena kamu memiliki sesuatu positif yang ingin kamu perjuangkan.
  • Enjoy life! Gagal mendapat peringkat 1? Tersisih dari pergaulanmu yang sekarang? Boleh kesal, tapi berikutnya nikmati saja. Cuma kamu yang bisa bilang ‘renungi, pahami, lalu nikmati’ atau ‘menyesali terus-menerus’. Pilihanmu itu ikut menentukan berapa lama kamu hidup, lho!
  • Berpikir positif. Setiap kejadian pasti memiliki berbagai macam sudut pandang. Dengan berpikir positif kamu akan bisa meneropong sudut-sudut pandang tersebut dan membuat kamu jadi lebih tenang. Berpikir positif juga ‘vitamin’ bagi hati kita.
  • Bersahabat dengan kegagalan. Kebanyakan orang Jepang akan bunuh diri ketika menghadapi kegagalan maupun saat harga diri mereka tercoreng, tapi kita orang Indonesia tetap ‘berani hidup’ walau segala bencana dan kesusahan menimpa kita. Itu karena kita berusaha menikmati hidup–apapun situasinya. Itu pula kelebihan bangsa kita yang seringkali kita remehkan.
  • Peduli dengan sekitarmu. Kamu akan capek sendiri kalau apa-apa terlalu terfokus ama diri sendiri. Jadi mulai sekarang, berbagilah kegiatan dengan sekitarmu: keluarga, teman-teman, tetangga, organisasi. Dengan begini sindrom “kesepian di tengah keramaian” bisa kamu minimalisir.
  • Coba hal baru, tapi tahu batas. Jangan jadi anak alim! Maksudnya di sini, jangan belum-belum kamu merasa ciut untuk melakukan hal-hal baru yang belum tentu sepenuhnya negatif dan malah bisa memperluas wawasanmu akan dunia non-formal maupun non-akademis saja. Clubbing bukan hanya identik dengan tim cheerleaders atau tim-tim ‘gaul’ aja. Perpustakaan bukan hanya tongkrongan kutubuku dan orang katro saja. Coba segala hal di sekeliling kamu, dengan syarat kamu tahu batas; yang positif diteruskan, yang negatif tentu di-stop.
  • Jangan merokok, mabuk, apalagi ngobat. Merokok bikin paru-paru bolong sampai akhirnya tempat bersarangnya kanker paru-paru.Keseringan minum liquor secara bertahap akan merusak liver. Sedangkan ngobat akan merusak syaraf, otak, sekujur tubuh sampai akhirnya mematikan kamu dalam kurun waktu yang tidak dapat ditebak. Keren melakukan semua itu? Lucunya sampai sekarang saya penasaran ama siapa yang pertama kali berkata demikian :p
  • Bikin fruit juice. Resepku adalah: pepaya + apel + pear . Cukup 1 gelas sehari dan rasanya manis alami kayak lolipop.

Lebih baik mengganjal perut dengan ini daripada dengan junk food.

Dan yang paling penting adalah cintai dan hormati dirimu. What can I say about this? Karena tentunya kalau tidak, kamu nggak akan susah-susah
meluangkan waktu membaca tulisanku ini ;)

Intinya, betapa kerennya kita kalau bisa menjadi sehat, bugar, dan berwawasan. Kalau kita gemuk, pasti ada caranya untuk menjadikan tubuh lebih
kurus karena kegemukan pun tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sedangkan kalau kita kurus, kita bisa mencari jalan (dan jalan itu banyak!)
agar berat badan bertambah. Yang kulitnya gelap, tidak perlulah diputih-putih. Dan yang kulitnya putih, jangan terus-terusan ngedumel pengen jadi tan .
Tidak masuk universitas negeri, tentunya masih banyak uni swasta yang bagus, kan? Pokoknya syukuri dan nikmati apa yang kalian miliki sekarang.

Indahnya hidup bukan karena banyaknya kesenangan yang terjadi dan keberhasilan yang kita capai, melainkan bagaimana kita memandang,
menyikapi, dan merasakan tiap kejadian yang kita alami.


sumber : http://kidneypea.wordpress.com/2010/05/13/tips-agar-menjadi-remaja-yang-aktif-fresh-enggak-gampang-capek/#more-43

thanks to : Amanda Dian Prastika yang dengan bersedia saya repost tulisannya ke sini :D

1 komentar: