Unborn 8.0 Brown Pointer

Rabu, 03 November 2010

Tips Menghemat Uang Saku

buat kalian yang masih sekolah dan mau belajar menghemat ini ada beberapa cara dari penulis pribadi dan beberapa oleh orang lain :

  1. Kalau uang saku bulanan/mingguan, ambil uang secukupnya saja jangan dibawa semua. Misalnya, uang saku kalian seminggu 100.000 dan kalian sekolah seminggu 5 hari. Jadi kalian setiap hari bawa uang sekitar 10 - 20ribu aja sisanya ditinggal di rumah.
  2. Kalau uang saku harian, setiap pagi tabung uang kalian secukupnya di rumah. Misal uang saku kalian sehari 15ribu, dan kira - kira kita cukup jika hanya memakai 12ribu, jadi 3ribu bisa kita simpan di rumah setiap pagi. Kenapa setiap pagi? karena uang kalian pasti masih utuh kalau pagi hari, ya kan?
  3. Pupuk pemikiran "ah gue kepingin beli ini, tapi gue nggak mau pake duit orang tua melulu" inimenimbulkan pemikiran kita untuk sering menabung untuk membeli sesuatu yang kita inginkan. Kalau kita beli suatu barang pakai uang kita sendiri pasti rasanya lebih bangga kan?
  4. Bawa bekal ke sekolah, ini tips lama tapi cukup efektif untuk mengurangi kesempatan kita untuk jajan di kantin.
  5. Kalau tidak membawa bekal, beli saja makanan yang mengenyangkan dalam jumlah sedikit dan murah. Misal di sekolah saya di jual Somay, kalau kita beli dua ribu kita dapat empat buah Somay, kita bisa membeli itu.
  6. Jangan bawa dompet ke sekolah, pasti kita akan kalap jika kita membawa uang banyak apalagi dompet. Sekalian melatih diri dari sifat konsumtif.
Yap segitu dulu yang bisa saya berikan, nanti akan diupdate lagi

sekian dari saya
sigembrot

2 komentar:

  1. hem. kalo jajan somay atau jajanan lain ngga bikin kenyang. jadi mending beli sekalian makanan berat jadi sampe pulang ngga jajan-jajan atau cr cemilan lagi.
    satu saran lagi. deketin temen yang suka jajan. ngga keluar uang, perut kenyang deh xD

    BalasHapus
  2. dimooong terimakasih atas satu lagi tipsnya ya :D ^^

    BalasHapus