Unborn 8.0 Brown Pointer

Selasa, 09 November 2010

Tips Sederhana Belanja Hemat dan Tepat




Hei hei jumpa lagi bersama si gembrot, kali ini saya akan memberikan satu tips yang saya dapat dari seorang teman saya. Cewek - cewek pasti pada seneng pergi berbelanja kan? tiap kali pergi ke suatu tempat perbelanjaan pasti ada aja barang yang kalian anggap lucu dan kepingin banget beli tuh barang. Tapi begitu tuh barang kebeli, kok rasanya agak ada yang mengganjal, ini barang nantinya kepake gak ya? kalo cuma begini aja sih punya banyak di rumah. Nah gak mau kayak begitu kan? nih beberapa tipsnya:
  • Pertama, pikirkan alasan yang baik dan logis untuk kalian berbelanja. Jangan kita pergi berbelanja hanya sekedar iseng, mengisi waktu luang karena bosan, karena itu mendorong pemborosan.
  • Kedua, pikirkan barang apa yang ingin kalian beli saat belanja nanti dan prioritaskan sesuatu yang sedang kalian butuhkan.
  • Ketiga, setelah sampai di TKP langsung saja ke tempat yang terkhusus menjual barang yang kalian sudah pikirkan. Jangan melirik - lirik kesana kemari, karena pasti mata kalian yang terlalu jeli akan menemukan satu barang yang 'lucu' dan ingin kalian beli. Padahal belum tentu barang yang 'lucu' itu akan terpakai dengan baik atau tidak.
  • Keempat, hati - hati bila melihat tanda diskon apalagi yang 50%++ kalau melihat ini kebanyakan dari kalian pasti akan kalap membeli barang terlalu banyak tanpa akal sehat.
  • Kelima, jeli dengan tanda diskon apalagi yang 50%++ dengan catatan yang didiskon adalah barang yang sudah dari tadi kalian fokuskan untuk dibeli. Kalau ini kalian bisa beli lebih (catatan:masih bisa diterima akal sehat) dan kalian bisa untung.
  • Jika ingin lebih hemat lagi, belilah sesuatu di pasar tradisional karena disana kita bisa melakukan tawar menawar. Siapa tahu kalian bisa mendapat sepatu kets yang dijual di mall seharga 200ribu tapi bisa kalian dapatkan disini dengan harga 100ribu bisa kurang.
  • Jika kita telah menemukan satu barang di satu toko, jangan langsung membelinya. Bandingkan barang itu dengan barang di toko lain kualitas dan harganya, jangan terlalu banyak toko yang dijadikan perbandingan, 2 sampai 3 toko saja sudah cukup. Dan jangan terlalu lama terpaku di salah satu toko, salah salah mbak penjaganya akan bete mengira ngira kalian aakan beli atau tidak dan kalian akan diusir dari sana.
  • Hindari pemakaian kartu kredit karena bisa menyebabkan pemborosan. Bawa uang cash saja.
  • Jangan terlalu lama memilih barang, nanti yang menemani kalian akan bosan menunggu.
ya sekian tips yang bisa saya bagikan.

salam, si Gembrot

n.b: thanks to Santi yang mau ngasih beberapa tips ini

1 komentar: