Unborn 8.0 Brown Pointer

Selasa, 09 November 2010

Tips Siap Ulangan dan Ujian

Hallo bertemu lagi dengan saya, bosen ya? jangan pernah bosen untuk mengikuti saya di blog ini ya saya akan memberikan beberapa tips lagi. Ujian, ulangan, tes semester, kata yang terdengar menakutkan bagi kalangan pelajar diseluruh dunia. Takut nilai jelek, remedial, nggak lulus, mengulang semester merupakan hal pertama yang dipikirkan ketika kita mendengar kata itu. Ada beberapa cara yang cukup mudah sebelum kita menjalaninya:
  • Jangan terlalu memikirkan ulangan itu, bersikap santai merupakan hal pertama yang bisa kita lakukan. Jauhkan pikiran dari kata Remedial dan kawan - kawannya, isi pikiran dengan hal positif dan menyenangkan. Namun tidak membuang ulangan itu, ini hanya persiapan awal agar tidak tegang.
  • Begitu sampai rumah, belajar sedikit dari materi yang akan diujiankan. Mungkin beberapa halaman saja cukup untuk awal, rutin membaca setiap hari membuat otak kita capek memasukkan semua materi sekaligus.
  • Ketika belajar, kita harus serius dan fokus tapi bukan berarti pikiran hanya tertuju pada materi itu saja. Sedikit santai saja namun tidak mengurangi konsentrasi.
  • Pelajari kata kunci dalam materi tersebut dengan baik, kalau kita sudah memahami setiap kata kunci dalam materi itu pasti kita lebih mudah mempelajari yang lainnya.
  • Jaga kesehatan tubuh dan pikiran agar tetap fit dan berenergi.
  • Hindari sistem kebut semalam (SKS) karena sistem ini hanya akan membuat otak kita capek dan justru tidak dapat mengingat materi yang dibaca. SKS mungkin efektif pada anak yang memiliki kemampuan ingat yang sangat baik.
  • Sebelum ujian, datang lebih awal ke tempat ujian dan diskusi bersama materi yang dipelajari bersama teman agar kita lebih ingat dan mengerti.
  • Ketika ujian di mulai kita rileks aja jangan tegang. Siap!
Nah dengan tips ini pasti kalian sudah lebih siap menghadapi ujian dan ulangan. UTS? UH? UAS? UAN? SIAP!!!

sekian dari saya
si gembrot

nb : thanks to Santi Nurdiana yang telah memberikan beberapa tips ini

1 komentar: